Sistem antrian memiliki
struktur dasar sebagai acuan untuk memberikan solusi antrian yang
tepat. Jenis pelayanan yang kita terapkan cocoknya pakai model yang
mana. Berikut ini saya akan membahas tentang 4 model dasar sistem
antrian yang sudah umum, yaitu :
1. Single Channel – Single Phase
Single Channel berarti hanya ada satu jalur yang memasuki system pelayanan atau ada satu fasilitas pelayanan. Single Phase berarti hanya ada satu pelayanan. Sebagai contoh : supermarket , tukang cukur ,dsb.
2. Single Channel – Multi Phase
Istilah Multi Phase menunjukkan ada dua atau lebih pelayanan yang dilaksanakan secara berurutan (dalam phasephase). Sebagai contoh : pencucian mobil.
3. Multi Channel – Single Phase
Sistem Multi Channel – Single Phase terjadi kapan saja di mana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal, sebagai contoh model ini adalah antrian pada teller sebuah bank, pelayanan gardu tol.
4. Multi Channel – Multi Phase
Sistem Multi Channel – Multi Phase Sebagai contoh, herregistrasi para mahasiswa di universitas, pelayanan kepada pasien di rumah sakit mulai dari pendaftaran, diagnosa, penyembuhan sampai pembayaran. Setiap sistem – sistem ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapnya.
Keempat model dasar sistem antrian tersebut diatas, memiliki disiplin antrian yaitu FCFS ( First Come First Serve ),
artinya orang yang datang pertama dilayani pertama juga. Tujuan utama
solusi antrian adalah tercapainya kedisiplinan antrian pelayanan yang
diterapkan sehingga tercapai kepuasan pelayanan pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar